Tahu Gak Sih, Posisi Tidur yang Dapat Meredakan Nyeri Punggung ?

Sebagian orang mungkin pernah mengalami nyeri pada punggung bagian bawah atau pinggang. Penyebab paling umum sakit punggung adalah akibat cedera otot atau ligamen. Cedera ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti mengangkat beban secara tidak benar, berat badan berlebihan, dan postur tubuh yang buruk.

Faktor lainnya yang juga memengaruhi dan memicu timbulnya nyeri punggung adalah posisi tidur. Posisi tidur yang salah juga dapat berpengaruh dan memperburuk sakit punggung yang diderita sebelumnya. Tidur bukannya membuat tubuh merasa nyaman, tetapi justru membuat Anda merana kesakitan. Sakit pada punggung bisa membuat Anda terjaga semalaman, apabila posisi tidur tidak tepat
Oleh karena itu, penting artinya bagi Anda untuk memperhatikan posisi tubuh saat tidur. Berikut adalah tiga posisi saat tidur yang dapat membantu Anda meredakan nyeri punggung:

1. Tidur menyamping

Posisi tidur biasa dengan tubuh menghadap ke atas dapat membuat punggung Anda menjadi tegang akibat pengaruh beban dari berat badan sehingga memicu timbulnya nyeri punggung. Tidurlah dengan posisi miring atau menyamping untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda. Posisikan kedua kaki sedikit ditekuk dengan menempatkan bantal di antara sela lutut dan pha. Cobalah untuk selalu tidur di permukaan yang cukup padat, jangan terlalu empuk.

2. Tidur telentang

Anda boleh saja tidur telentang, tetapi dengan catatan harus menempatkan bantal di bawah paha untuk membantu mempertahankan kurva normal dari punggung bagian bawah (pinggang). Anda juga dapat mencoba menaruh handuk kecil, di bawah punggung untuk dukungan tambahan. Jangan lupa gunakan bantal tepat di bawah leher. Posisi ini mungkin dapat membantu jika Anda memiliki sakit punggung.

3. Tidur telungkup

Posisi tidur dengan perut menghadap ke bawah dapat berdampak langsung pada punggung Anda. Tetapi, jika Anda tidak bisa tidur dengan cara lain, Anda dapat mengurangi ketegangan pada punggung dengan menempatkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah. Gunakan pula bantal di bawah kepala Anda, tapi jika tidak menyebabkan ketegangan, Anda bisa tidur tanpa bantal di bawah kepala.

sumber : kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>