BAGAIMANA PRESTASI UB PADA LEVEL INTERNASIONAL ?

Universitas Brawijaya yang disingkat UB diresmikan sebagai Universitas Negeri pada 5 Januari 1963, yang berarti sebentar lagi akan merayakan ulang tahunnya yang ke 50. Ya, usia 50 tahun bukanlah suatu usia muda lagi tapi merupakan  suatu usia yang masuk dalam kategori  matang. Sudah semestinya UB mencapai prestasi, baik di tingkat regional, nasional, maupun interasional. Peringkat UB pada level nasional menunjukkan peringkat yang baik, sehingga masih diperhitungkan oleh universitas-universitas negeri yang lain.

 Bagaimana peringkat UB di level internasional? Ini yang akan menjadi bahasan kita pada postingan kali ini. Berdasarkan data dari pemeringkatan internasional webometrics, UB masuk dalam 10 besar (top ten universitas terbaik Indonesia), tapi pada level internasional, peringkat UB masih sangat jauh dari yang diharapkan. Jangankan pada level internasional pada level asia tenggara saja, peringkat UB masih berada pada peringkat 29 (dua puluh Sembilan). Alhamdulillah ya, masih masuk 30 besar. Berikut daftar 10 besar peringkat perguruan tinggi Indonesia berdasarkan Webometrics:

Indonesia Rank

World Rank

Asean Rank

University

1

379

9

Universitas Gadjah Mada

2

507

15

University of Indonesia

3

568

18

Institute of Technology Bandung

4

582

19

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

5

630

22

Indonesia University of Education

6

740

24

Gunadarma University

7

764

25

Bogor Agricultural University

8

837

29

Brawijaya University

9

883

30

Universitas Sebelas Maret

10

948

32

Diponegoro University

 Informasi selengkapnya dapat diakses melalui http://www.webometrics.info

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>