BAGAIMANA CARA / STRATEGI / METODE UNTUK MEMPERBAIKI PERINGKAT UB PADA PEMERINGKATAN WEBOMETRIC ? part 1

Untuk Memperbaiki ranking UB dalam webometric tidak dapat dilakukan dengan cara sepotong-potong (parsial) dan hanya diserahkan pada lembaga tertentu.  Pimpinan UB perlu mengeluarkan kebijakan khusus untuk memperbaiki peringkat UB dalam webometric.  Dalam rangka meningkatkan peringkat UB menjadi World Class University dalam webometric ada beberapa cara/ strategi/ metode yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Pimpinan Universitas (Rektor UB) perlu mengeluarkan Kebijakan khusus terhadap penerapan  Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) / Information and Communication Technology (ICT) di kampus, meliputi penggunaan email ub, mewajibkan bagi para peneliti baik mahasiswa atau dosen untuk mengunggah hasil penelitiannya pada blog pribadinya dengan domain ub.ac.id, dan kebijakan kebijakan lain yang berhubungan dengan ICT.
  2. Untuk mendukung kebijakan pimpinan universitas, terutama tentang penggunaan email ub, perlu diperhatikan pelayanan dari email  ub, walaupun masih belum bisa disetarakan dengan email yahoo ataupun gmail, tapi minimal tidak beda jauh. minimal email  ub sudah bisa mendukung pop3 ataupun IMAP (sampai saat ini saya masih belum bisa setting di smartphone, mohon pencerahannya). Mungkin ini salah satu penyebab kurangnya minat dari civitas akademika di ub untuk menggunakan email ub.
  3. Diperlukan kebijakan yang tegas dan mengikat bagi para peneliti baik mahasiswa atau dosen untuk segera mengunggah hasil karya penelitiannya atau karya ilmiahnya di blog dosen atau staff ataupun blog mahasiswa . Untuk dosen yang penelitiannya mungkin dari dana penelitiannya. Hal yang bisa kita contoh adalah Seperti di UI, apabila dosen yang selesai melakukan penelitian tidak mengunggah di Simpeg dan Lemlit, maka segala sesuatu yang terkait dengan urusan administrasi keuangan dan lain-lain tidak dapat dilakukan.  Hal ini juga bisa diperlakukan pada mahasiswa, baik mahasiswa baru ataupun mahasiswa lama diwajibkan untuk mengikuti karya ilmiah dan hasil karya ilmiahnya wajib diunggah di blog pribadinya dengan domain ub.ac.id.
  4. Peningkatan kualitas networking (jaringan dan bandwith). Untuk saat ini saya masih belum tahu berapa banwith di ub, untuk kwalitas  kecepatan internet di ub yang saya rasakan masih belum stabil (terkadang cepat, kadang lambat dan terkadang disconnect) dan sepertinya belum ada standarisasi kecepatan internet di masing-masing titik hotspot. Kecepatan internet ini sangat diperlukan dalam hal menunjang kebutuhan dalam hal pencarian literatur-literatur untuk penelitian ataupun untuk mengunggah karya ilmiah.
  5. Pengembangan website universitas brawijaya yang dinamis, menyatu, dan lengkap isinya. Lembaga atau tim  ICT  perlu melakukan pengembangan website yang dinamis, menyatu (semua memakai domain ub.ac.id), konten lengkap, dan performa yang menarik.  Selain itu website ub juga harus memperhatikan dengan cermat semua persyaratan dan kriteria yang dikeluarkan oleh penyelenggara webometric.
  6. untuk mendukung pengembangan website yang sesuai dengan persyaratan dan kriteria yang dikeluarkan oleh penyelenggara webometric dibutuhkan pelatihan baik bagi pengelola website yang sudah advance atau profesional ataupun yang masih newbie atau yang baru belajar website atau ngeblog seperti saya saat ini, sehingga akan dihasilkan website di ub yang terstandarisasi.
  7. to be continued, sabar ya tulisannya masih bersambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>