Panel AS Tak Anjurkan Tes Rutin bagi Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi erektil dan gejala lainnya.

Jumlah kanker prostat sangat bervariasi di dunia. Namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan; sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Menurut American Cancer Society, kanker prostat paling jarang di pria Asia dan paling sering terjadi di orang hitam, dan orang Eropa di tengahnya. [sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_prostat]

Satuan Tugas Layanan Pencegahan, yang memberi saran kepada para pejabat kesehatan AS, menyatakan tes darah sederhana yang disebut PSA mungkin lebih berbahaya daripada bermanfaat pada pria sehat.

Para penasehat itu mengatakan tes tersebut tidak dapat membedakan tumor kecil yang tidak fatal dengan tumor yang tumbuh cepat yang berkembang menjadi kanker. Dampaknya, menurut mereka, banyak pria menjalani pengobatan kanker yang sebenarnya tidak perlu dan menyebabkan mereka impoten atau tidak mampu menahan kencing.

Beberapa pakar urologi AS sangat menentang rekomendasi panel itu dengan mengatakan banyak pria mungkin menderita dan meninggal dalam kesakitan tanpa tes tersebut.

Kanker prostat membunuh sekitar 30.000 pria Amerika setiap tahun.

Banyak pria berumur 50 tahun ke atas terserang kanker prostat. Tapi penyakit ini sering berkembang sangat lambat sehingga banyak korban tidak pernah tahu mereka telah terserang dan sering meninggal bukan karena kanker prostat.

sumber : http://www.voaindonesia.com/content/tes-rutin-kanker-prostat-tak-dianjurkan/920068.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>